Selasa, 08 Maret 2011

LIMA KEKUATAN UNTUK MENCAPAI KEUNTUNGAN INDUSTRI YANG BERKELANJUTAN

NAMA    : ANDI SETIAWAN
KELAS    : 1ID04
NPM        : 30410695
MATA KULIAH : PENGHANTAR ILMU EKONOMI



1 . ENTRI
            Pada faktor entri biaya masuk keindustri harus sesuai dengan biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi ,  dengan kecepatan dalam penyesuaian banyaknya modal dan keuntungan yang akan didapat serta skala ekonomi dalam permintaan pasar juga harus diikutsertakan agar barang yang diproduksi sesuai dengan banyaknya permintaan  , dan berimbas pada dampak yang bagus yang ditimbulkan oleh konsumen , serta aturan / batasan dari pemerintah harus dikurangi agar produsen dengan leluasa melakukan aktivitas produksi .
Meskipun aturan pemerintah harus di kurangi untuk mendapatkan hasil produk yang jauh lebih banyak tetapi kita juga tidak boleh menyampikan dampak baik dan buruknya.
jadi kita harus melihat apakah ini akan menghasilkan lebih banyak dampak baiknya atau akan menghasilkan jauh lebih banyak dampak buruknya.


2 . KEKUATAN PEMASOK (SUPLIER) INPUT PRODUKSI
            Pada faktor ini konsentrasi supplier dalam menyiapkan bahan baku produksi sangat dibutuhkan karena semakin banyak permintaan pasar , pemasok harus cepat tanggap dalam menanganinya , serta harga bahan baku harus disesuaikan dengan modal yang ada , maka daripada itu hubungan antara investor sangat erat juga demi kelancaran proses produksi . Dalam hal ini juga biaya pemindahan atas bahan baku menuju tempat proses produksi harus diperhitungkan karena dapat mempengaruhi berapa banyak laba  bersih yang akan didapat .

3 . KEKUATAN PEMBELI
            Pada faktor ini konsentrasi pembeli sangat diperlukan untuk menyesuaikan apa yang akan diproduksi selanjutnya , serta harga/nilai produk atau jasa subtitusi harus lebih terjangkau agar para konsumen dapat menyukainya tanpa harus melebihi dengan jumlah modal yang ada , dalam hal ini hasil produksi sebisa mungkin harus dekat dengan customer agar mereka tidak memerlukan biaya banyak dalam membeli kebutuhan yang diperlukan  , serta adanya aturan pemerintah .

4 . INDUSTRI PESAING
            Konsentrasi penjual sangat diperlukan dalam industri pesaing  , seperti halnya harga barang harus sesuai dengan tidak mengambil untung yang tidak berlebihan  , harga harus diimbangi dengan kualiatas barang tersebut karena dalam berdangang banyak pesaing , serta biaya yang dibutuhkan untuk pemindahan hasil produksi menuju konsumen , serta informasi terhadap hal apa saja yang terjadi didalam pasar , seperti keamanan pasar , persaingan dalam pasar . dalam hal ini aturan pemerinta sangat dibutuhkan agar terjadi keselarasan dalam pasar .

5 . SUBSTITUSI DAN KOMPLEMEN
            Dalam hal ini harga / nilai dari produk atau jasa subtitusi harus disesuaikan dengan permintaan pasar akan barang atau jasa ,  serta harga pada barang / jasa komplement dapat seimbang  , dengan begitu dampak dari kegiantan produksi mendapatka hasil yang bagus akibat kepuasan dari konsumen itu sendiri serta adanya atuaran pemerintah dalm menanganinya , maka terjadilah keuntunga yang berkelanjutan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar